banner 728x250

Wabup Debby Sebut Toboali Kota Tertua di Bangka Belitung

BE,TOBOALI– Sebuah kota yang terletak di Selatan Pulau Bangka yang belum begitu dikenal oleh banyak orang di Indonesia, memperingati hari jadinya yang ke-315, Kota ini memiliki kekayaan sejarah yang mempesona dan menjadi jejak peradaban di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (25/10/2023).

Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi, dengan penuh semangat mengungkapkan kebanggaannya atas status Toboali sebagai kota tertua di provinsi ini.

Dalam rangkaian perayaan hari jadi Kota Toboali yang istimewa, mari kita selami kisah sejarah yang mengiringi kota ini.

Pada tanggal 25 Oktober 1708, Kota Toboali lahir ke dunia. Tepian laut yang tenang dan pemandangan alam yang memukau telah menjadi saksi bisu perjalanan panjang kota ini. Ratusan tahun yang lalu, Sultan Muhammad Mansyur Jayo Ing Lago mengumumkan kebijakan politik dan ekonomi Kesultanan Palembang Darussalam.

“Sultan Muhammad Mansyur meneruskan kebijakan ayahnya, Sultan Abdurrhaman, dengan membangun benteng-benteng dan parit pertahanan yang memiliki peran strategis dalam sektor pertanian, perkebunan, dan pertambangan. Dengan prakarsa ini, Toboali menjadi pusat penting untuk ekonomi dan perlindungan.” ucap Debby.

Kisah kota Toboali tak lepas dari perjuangan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dalam menetapkan hari jadinya. Penetapan tanggal 25 Oktober 2023 sebagai hari jadi kota Toboali merupakan hasil pendekatan sosio-historis yang menghubungkan masa lalu dan masa kini.

Dalam rangka memperingati hari jadi kota Toboali yang ke-315 ini, pemerintah setempat telah menunjukkan tekad yang kuat untuk terus mengembangkan kota ini dalam berbagai sektor. Dukungan masyarakat adalah fondasi dari upaya ini, dan bersama-sama, mereka merayakan jejak sejarah yang membentuk kota ini.

Selain itu, Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi, yang akrab disapa Bunda Debby, menekankan pentingnya momentum ini untuk refleksi dan perbaikan.

“Momen hari jadi kota Toboali harus dimaknai sebagai kesempatan untuk memikirkan pembangunan yang telah berlangsung, dengan tujuan memperbaiki kekurangan dan meningkatkan hal-hal yang baik. Toboali, kota yang kita cintai, harus terus mengalami kemajuan yang berkelanjutan.” ujar Debby.

Lanjut Debby, Peringatan hari jadi yang ke-315 ini adalah momen bersejarah yang menandai perjalanan kota Toboali sepanjang beberapa abad.

“Kota Toboali adalah tempat berbagai potensi yang belum sepenuhnya tergali. Dengan keindahan alamnya dan kekayaan sejarahnya, kota ini memiliki peluang besar dalam sektor pariwisata. Pelabuhan Toboali yang strategis adalah pintu gerbang menuju potensi ini.” tegas Debby.

Sektor pertanian dan perkebunan juga merupakan sektor penting yang harus diperhatikan. Dengan tanah pinggiran kota dan iklim yang mendukung, Toboali memiliki semua faktor penentu untuk menjadi pusat pertanian yang produktif.

Dalam sektor pertambangan, potensi penambangan timah dan penambangan besi di wilayah ini juga harus dioptimalkan. Hal ini akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Toboali dan wilayah sekitarnya.

Toboali adalah kota yang hidup dengan sejarahnya. Bangunan bersejarah seperti benteng-benteng yang dibangun berabad lalu masih berdiri dengan gagahnya, mengingatkan kita akan masa lalu yang kuat. Sisi budaya Toboali yang kaya tercermin dalam festival-festival dan perayaan yang digelar sepanjang tahun.

Namun, kota ini juga tidak lepas dari tantangan. Pembangunan berkelanjutan memerlukan upaya bersama dari pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat. Pelestarian warisan sejarah dan lingkungan alam menjadi bagian penting dari menjaga keunikan Toboali.

Toboali bukan sekadar kota tua yang bersemayam dalam sejarah. Ia adalah kota yang terus berkembang, menggabungkan kekayaan warisan dan potensi modern dalam sebuah harmoni yang indah. Memperingati hari jadi yang ke-315 adalah peluang untuk merayakan masa lalu kota ini sambil menatap masa depan yang cerah.

Dengan potensi di sektor pariwisata, pertanian, dan pertambangan, Toboali memiliki semua alat yang dibutu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *