banner 728x250

Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia, Ini Peran PT Timah Dalam Mendukung Eksositem Pendidikan di Lingkar Tambang

BE,PANGKALPINANG — Pendidikan merupakan pondasi utama dalam membangun masyarakat yang maju dan berkelanjutan. Melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT Timah berperan aktif mendukung sektor pendidikan.

Anggota holding industri pertambangan MIND ID PT Timah memiliki sejumlah program unggulan dalam mendukung sektor pendidikan diantaranya program kelas beasiswa, mendukung peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kualitas tenaga pendidik melalui program pelatihan.

PT Timah sejak tahun 2000 telah melaksanakan program kelas beasiswa jenjang SMA yang dilaksanakan di SMAN 1 Pemali. Setiap tahunnya, PT Timah memberikan beasiswa bagi 36 pelajar dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau.

Kelas Beasiswa PT Timah Program Pemali Boarding School ini telah melahirkan 815 alumni yang saat ini telah berkiprah dalam berbagai sektor. Program ini juga menjadi salah satu program unggulan PT Timah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkar tambang.

Selain melaksanakan beasiswa pendidikan, PT Timah juga kerap memberikan bantuan pendidikan bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan. Pada Bulan Ramadan 1445 Hijriah lalu, PT Timah memberikan beasiswa pendidikan bagi para Tahfiz Quran.

PT Timah rutin mendukung peningkatan infrastruktur sarana dan prasarana pendidikan mulai dari jenjang PAUD hingga sekolah menengah, pondok pesantren hingga lembaga pendidikan informal. Melalui bantuan ini diharapkan dapat menunjang infrastruktur pendidikan di wilayah operasional perusahaan.

Emiten berkode TINS ini juga mendukung pendidikan untuk para penyadang disabilitas melalui Yayasan YPAC Pangkalpinang sejak puluhan tahun silam. Hal ini merupakan upaya PT Timah untuk mendukung keseteraan pendidikan bagi berbagai kelompok masyarakat.

TINS juga menjalin kemitraan dengan institusi pendidikan melalui program Timah Internship yang memberikan kesempatan bagi para pelajar dan mahasiswa untuk magang di PT Timah.

Untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik melalui program Timah Mengajar, PT Timah juga melaksanakan pelatihan penulisan karya ilmiah populer dalam upaya pengembangan profesi guru.

Komitmen Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID dalam bidang pendidikan sejalan dengan pilar keberlanjutan MIND ID (Sustainability Pathway) dimana pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang diperhatikan karena sejalan dengan pencapaian TPB 4 menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan mengatakan, sebagai BUMN, PT Timah bukan hanya sebagai entitas bisnis yang berorientasi pada profit, tapi juga menjadi bagian integral dari komunitas yang bertanggung jawab terhadap pembangunan sosial.

“PT Timah meyakini mendukung penuh program pendidikan menjadi langkah untuk membangun fondasi sumber daya manusia yang berkualitas yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif,” kata Anggi.

Komitmen PT Timah dalam mendukung program pendidikan turut diapresiasi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ervawi. Dikutip dari pemberitaan beberapa waktu lalu, Ervawi menjelaskan PT Timah merupakan mitra Pemerintah dalam mendukung kemajuan pendidikan.

“Alhamdulilah dukungan PT Timah Tbk luar biasa dalam sektor pendidikan, bukan hanya menyerahkan buku saja, tapi banyak yang lainnya ada yang kasih laptop, ada yang mendukung pembangunan infrastruktur pendidikan,” katannya beberapa waktu lalu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *