banner 728x250

Tanggapi Heryawandi, Bulog Pastikan Pasokan Beras Babel Aman

BE, PANGKALPINANG-Plt. Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Heryawandi mengunjungi Kantor Pusat Perum Bulog di Jakarta, Rabu (28/02/2024).

Heryawandi mengatakan Babel sangat tergantung dengan pasokan dari luar pulau. Jika tergadi kendala distribusi maka menjadi pemicu kenaikan harga cukup tinggi.

“Saat ini produksi beras kita hanya dapat memenuhi 20% kebutuhan masyarakat, sisanya bergantung pada pasokan dari luar terutama dari Pulau Jawa,” ucapnya.

Selain soal kenaikan harga beras, kata Heryawandi, hal lain yang sangat dikhawatirkan adalah soal kepastian ketersediaan beras di pasaran.

“Kami ingin memastikan stok beras untuk Bangka Belitung, terlebih lagi kita akan menyambut bulan Ramadhan dalam waktu dekat ini,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Perusahaan Awaludin Iqbal mengatakan ketersedian stok beras Bulog secara nasional cukup baik untuk memenuhi bantuan pangan hingga bulan Juni kedepan.

“Insya Allah aman Pak,” jawabnya.

Diakui Awaludin memang akhir-akhir ini disetiap daerah mengalami kenaikan harga beras karena permintaan akan beras cukup tinggi dari biasanya beberapa bulan belakangan ini. Terlebih lagi daerah-daerah penghasil gabah kering belum masuk dalam musim panen.

“Saat ini beberapa daerah memang belum melakukan panen hanya sebagian kecil saja yang melakukan panen secara parsial, sehingga stok beras dipasar tidak seperti biasanya,” ungkapnya.

Dijelaskannya bahwa stok beras Bulog (SPHP) Sumsel-Babel sebanyak 22 ribu ton. Hanya saja yang menjadi kendala adalah proses pendistribusian di karenakan Babel merupakan wilayah kepulauan. Tentunya hal ini sangat berdampak pada kenaikan harga karena adanya penambahan biaya angkut. Sementara disisi lain Bulog sendiri tidak dapat menaikkan harga beras diatas HET.

“Pada prinsipnya kami siap secara stok, untuk itu kami menyarankan kawan-kawan yang ada di cabang Bulog Babel agar berkoordinasi dengan pemda setempat untuk mensubsidi biaya distribusi. Sehingga Bulog dapat menjual dengan harga sesuai HET,” jelasnya.

Usai melakukan kunjungan Heryawandi pun mengimbau masyarakat Kep. Babel untuk tidak khawatir terkait kelangkaan beras di Provinsi Kep. Babel. Dirinyapun memastikan ketersediaan beras Bulog di Provinsi Babel masih aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *