banner 728x250

Soal Pergantian Pj Gubernur Kepulauan Babel, Suganda: Senin Saya Diganti

banner 120x600

BE,PANGKALPINANG – Ramainya pemberitaan soal pergantian Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dibenarkan secara langsung oleh Suganda Pandapotan Pasaribu.

Hal itu diungkapkannya saat dikonfirmasi wartawan, melalui pesan WhatsApp, pada Jum’at (10/11/2023) malam.

“Betul, Senin saya diganti. Terimakasih,” singkat Suganda.

Terpisah, Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kepulauan Babel, Kurniawan, juga membenarkan terkait pergantian Pj Gubernur Kepulauan Babel.

“Iya benar, saya juga baru terima surat pelantikan itu,” kata Kurniawan kepada wartawan, pada Jumat, (10/11/2023) malam.

Saat ditanya terkait sebab Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) menganti Suganda Pandapotan Pasaribu, Kurniawan mengaku belum mengetahui hal tersebut.

“Kalau kenapa Pak Suganda diganti, saya tidak tahu. Yang pasti, surat pelantikan itu, memang benar adanya,” tegasnya.

Senada dengan Kurniawan, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Gubernur Kepulauan Babel, Rofiko turut membenarkan soal pergantian dan pelantikan Pj Gubernur Kepulauan Babel, di Kantor Kemendagri Jakarta Pusat, pada Senin 13 November 2023 mendatang.

“Sudah ada undangannya, Senin depan,” kata Rofiko.

Rofiko menyebut, beberapa hari ini, Suganda telah berpamitan dengan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel di grup WhatsApp.

Kabar penggantian Suganda Pandapotan Pasaribu yang telah 8 bulan sebagai Pj Gubernur Kepulauan Babel, mencuat seiring beredarnya file pdf Surat Kemendagri Nomor 100.2.1.3/6074/SJ, tertanggal 10 November 2023.

Di mana, surat tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri, Dr H Suhajar Diantoro dan ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), Jhon Wempi Wetipo.

Surat tersebut, berisikan undangan pelantikan Pj Gubernur Kepulauan Babel, yang berlangsung di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C Kemendagri, Jakarta, pada Senin (13/11/2023) mendatang.

Di bagian lampiran surat tersebut, undangan pelantikan tertuju kepada Bupati/Wali Kota dan Forkopimda Kepulauan Babel.

Selain itu, ada juga tiga asisten daerah, yakni Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Administrasi Umum serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi dari sumber terpercaya, pada Jum’at (10/11/2023) malam, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) akan melantik Dr Drs Safrizal ZA, menggantikan Suganda Pandapotan Pasaribu sebagai Pj Gubernur Kepulauan Babel.

“Senin ini Kemendagri akan melantik Bapak Safrizal sebagai Pj Gubernur Babel menggantikan Pak Suganda,” ucap sumber terpercaya.

“Kalo tidak salah, pak Safrizal saat ini menjabat sebagai Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri,” tambahnya.

Diketahui, Dr Drs Safrizal ZA, saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri.

Dr Drs Safrizal ZA sebelumya pernah menduduki posisi Pj Gubernur Kalimantan Selatan selama enam bulan, pada 15 Februari 2023 hingga 25 Agustus 2023 lalu. (RNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *