banner 728x250

Seminar Nasional HPN 2024: Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional 

BE,JAKARTA- Untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, digelar Seminar Nasional, di Candi Bentar, Ancol, Jakarta, Minggu (18/02/2024).

Seminar ini menghadirkan sejumlah pembicara ternama, antara lain Agus Justianto, Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari (PLH) dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan, serta Yanuar Nugroho, Koordinator Tim Ahli Seknas TPB atau SDGS Bappenas, dan Syahrul Fitra, Senior Forest Campaigner Greenpeace Indonesia.

Dalam sambutannya, Agus Justianto menekankan pentingnya mengawal transisi kepemimpinan nasional sebagai upaya menyelamatkan planet bumi, khususnya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan hutan Indonesia.

Sementara Yanuar Nugroho menyuarakan perlunya perubahan dalam corak pertumbuhan ekonomi untuk menghindari eksploitasi sumber daya alam yang merusak lingkungan. Ia juga menyoroti tantangan berat untuk untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 mendatang adalah mencapai target pertumbuhan ekonomi 7 persen per tahun tanpa mengganggu lingkungan.

Para pembicara sepakat bahwa Indonesia dihadapkan pada isu kompleks tentang lingkungan yang menuntut pembenahan dari pemerintah. Mereka menggarisbawahi pentingnya mengakomodir seluruh kepentingan secara harmonis demi keberlanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pembangunan sektor lingkungan hidup dan kehutanan yang berpegang pada asas keberlanjutan (sustainability) dengan pilar Environmental, Social, dan Governance (ESG) menjadi fokus utama dalam upaya mengatasi tantangan tersebut.

Seminar ini menjadi panggung untuk mengajak insan pers nasional terus berkomitmen dalam menyampaikan informasi yang berarti dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam menghadapi tantangan saat ini dan masa depan, kesiapan dalam menyiapkan peradaban yang tangguh dengan fokus pada teknologi, investasi, dan tata kelola yang baik menjadi hal yang sangat diperlukan. (Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *