banner 728x250

RSUD Basel Tingkatkan Keselamatan Pasien Melalui Pelatihan IHT

BE,TOBOALI-RSUD Kabupaten Bangka Selatan menggelar pelatihan In Hospital Training (IHT) komunikasi efektif dalam upaya meningkatkan keselamatan pasien di fasilitas kesehatan, Kamis (21/09/2023).

Narasumber dalam pelatihan ini, Jumpanata, S.Kep, M.Kep, dari RSUD Depati Bahrin Sungailiat Bangka, juga memberikan wawasan penting.

“Komunikasi efektif adalah kunci utama dalam pelayanan kesehatan yang aman. Komunikasi yang tepat waktu, akurat, lengkap, dan jelas merupakan aspek penting yang harus diperhatikan oleh semua staf medis,” ujar Jumpanata.

Selain itu, Jumpanata menekankan bahwa komunikasi dapat dilakukan melalui berbagai cara, termasuk lisan, tertulis, dan elektronik. Hal ini memberikan kemudahan yang diperlukan dalam berkomunikasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam perawatan pasien.

Sementara itu, Direktur RSUD, dr. Rudi Hartono, menjelaskan penggunaan metode SBAR (Situasi, Latar Belakang, Penilaian, Rekomendasi) dalam komunikasi saat perawat melakukan serah terima pasien.

“Metode SBAR telah terbukti menjadi alat yang sangat efektif untuk menjamin komunikasi yang jelas dan akurat selama proses perawatan pasien. Hal ini akan membantu mengurangi potensi terjadinya kesalahan yang dapat membahayakan pasien,” ucap Rudi.

Rudi berharap pelatihan ini akan membantu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Bangka Selatan dan mengurangi risiko kesalahan yang dapat terjadi selama proses perawatan pasien.

“Keselamatan pasien tetap menjadi prioritas utama dalam upaya pelayanan kesehatan yang lebih baik,” tegas Rudi.(Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *