banner 728x250

PWI Basel Goes To School: Gerakan Literasi di SMA Negeri 1 Toboali

banner 120x600

BE TOBOALI– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka Selatan kembali menyemai semangat literasi di kalangan pelajar dengan menggelar acara PWI Basel Goes To School di SMA Negeri 1 Toboali, Senin (08/01/2024).

Kegiatan yang bertajuk kelas literasi ini memiliki tujuan utama untuk memberikan pemahaman mendalam tentang jurnalistik serta memupuk kesadaran literasi di antara siswa, khususnya pelajar SMA Negeri 1 Toboali.

Ketua PWI Bangka Selatan, Dedy Irawan, menjelaskan bahwa kegiatan PWI Basel Goes to School merupakan agenda rutin yang telah berhasil dilaksanakan pada tahun 2022.

“Dalam kegiatan workshop literasi tahun lalu, PWI Basel telah berhasil membina beberapa siswa dan menerbitkan buku, salah satunya adalah kumpulan cerpen karya Khoiriah Apriza, siswa SMAN 1 Airgegas.” ucap Dedy Irawan.

Dedy juga menegaskan bahwa hasil dari kegiatan literasi tersebut akan diabadikan dalam dua buku, satu karya dari PWI Basel dan satu lagi dari PWI Babel.

“Kami berencana untuk meluncurkan buku karya siswa pada tahun ini sebagai hasil dari upaya kolaboratif antara PWI Basel dan PWI Babel,” tambahnya.

Kehadiran kegiatan literasi ini diharapkan oleh Dedy dapat menjadi pemicu bagi peningkatan minat baca dan menulis di Kabupaten Bangka Selatan.

“Upaya yang kami lakukan telah berhasil menarik minat penulis dari kalangan pelajar. Kami optimis PWI Bangka Selatan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan gerakan literasi di wilayah ini,” tegas Dedy Irawan.

Wakil Ketua PWI Bangka Selatan, Hatomi, menyampaikan keyakinannya bahwa gerakan literasi ini akan meningkatkan daya saing serta indeks pembangunan Sumber Daya Manusia.

Hatomi berharap semangat berkarya dari kaum milenial akan terus terpacu melalui kegiatan rutin PWI Bangka Selatan, seperti PWI Basel Goes to School.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Toboali, Aspandi, menyambut baik kegiatan PWI Basel Goes To School sebagai langkah positif untuk memberikan wawasan kepada para pelajar. Aspandi berharap kegiatan tersebut akan memacu minat serta bakat menulis di bidang jurnalistik di kalangan siswa.

“Kami sangat bersyukur atas pilihan PWI Basel untuk melaksanakan kegiatan ini di SMA Negeri 1 Toboali. Kami berharap kerjasama ini dapat memajukan dunia literasi di sekolah kami, dengan harapan bahwa karya siswa mereka juga akan terwakili dalam buku-buku yang diterbitkan nantinya.” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *