banner 728x250

Polres Basel Gelar Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila

BE,TOBOALI- Polres Bangka Bangka Selatan menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Minggu, (01/10/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh pejabat utama, gabungan staf, personel, dan ASN Polres Bangka Selatan, menunjukkan komitmen yang kuat dalam melestarikan, mengamalkan, dan mengembangkan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Toni Sarjaka, SH, S.IK., MIK, menggarisbawahi pentingnya peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai wujud komitmen dalam menjaga dan menghayati nilai-nilai luhur Pancasila. Dia menyatakan bahwa Pancasila, sebagai dasar masyarakat, berbangsa, dan bernegara, memiliki peran sentral dalam menyatukan bangsa Indonesia.

“Upacara ini merupakan upaya untuk meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Bagi anggota Polri, upacara ini sebagai langkah untuk menggelorakan semangat pengabdian dalam rangka memupuk kedisiplinan, jiwa korsa, loyalitas, serta kebersamaan khususnya di Polres Basel yang kita banggakan,” kata Kapolres.

Selain itu, Kapolres mengingatkan tentang tantangan yang menghadang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini, termasuk pandangan, tindakan, dan sikap intoleran. Penyalahgunaan media sosial yang sering menggaungkan hoaks, fitnah, dan perpecahan juga menjadi masalah yang harus diatasi.

AKBP Toni Sarjaka mengajak semua pihak untuk tetap mewaspadai pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Dalam menghadapi segala bentuk gerakan anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI, dan anti Bhinneka Tunggal Ika, tekanan pentingnya mendukung tindakan tegas pemerintah.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dijadikan sebagai upaya untuk melestarikan, mengamalkan, dan mengembangkan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkas Kapolres.

Upacara ini menjadi momen penting dalam memperkuat komitmen terhadap Pancasila sebagai fondasi Persatuan dan Kebhinekaan Bangsa Indonesia.(Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *