banner 728x250

Pj Gubernur Safrizal Hadiri Puncak Peringatan Hari Kartini 2024

BE,PANGKALPINANG – Kartini adalah representasi semangat perjuangan dan ketangguhan, perempuan bukan soal lenggak-lenggok di atas pentas tetapi adalah representasi dari pada ide-ide cerdas bagi keluarga. Oleh karenanya jangan biarkan keraguan menghambat langkahmu percayalah diri dan raihlah mimpimu setinggi-tingginya tak perlu dibatasan-batasan bahwa kau adalah perempuan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA saat memberikan sambutan pada Puncak Peringatan Hari Kartini di Provinsi Kep. Babel di Ballroom Swiss Belhotel Pangkalpinang Senin (22/4/2024).

“Perempuan yang mandiri dan kuat adalah perempuan yang berani mengambil resiko dan keluar dari zona nyamannya. Tentu pendidikan adalah kata-kata kunci yang terus diperjuangkan oleh RA Kartini, teruslah belajar dan berkembang dan jangan pernah berhenti menimba ilmu,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Dirjen Bina Adwil Kemendagri ini juga mengungkapkan bahwa setiap perempuan memiliki cerita inspirasinya sendiri, untuk itu ia berharap cerita inspiratif tersebut bisa di bagikan dan sehingga bisa menginspirasi perempuan lain di Indonesia.

“Begitu banyak kartini-kartini baru di sekitar kita teruslah menginspirasi dan menjadi contoh dan role model bagi perempuan-perempuan di sekeliling mu dan jangan ragu menyuarakan suaramu. Kamu cantik dan luar biasa jangan biarkan standar kecantikanmu itu didefinisikan oleh orang lain, perempuan/wanita harus mendefinisikan dirinya tentang kecantikan tentu yang kita maksudkan bukan hanya ragawi semata tetapi lebih kepada ide-ide dan literasi,” tuturnya.

Pada peringatan Hari Kartini yang mengusung tema “Melalui Peringatan Hari Kartini, Kita Tingkatkan Peran dan Partisipasi Perempuan Untuk Pembangunan yang Adil dan Setara di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” ini, Pj. Gubernur Safrizal juga mengimbau agar perempuan Indonesia tidak berhenti untuk bermimpi mulai dari bermimpi lalu menggapai mimpi yang telah diimpikan.

“Selamat Hari Kartini, jadilah seperti Kartini yang gigih menggapai cita-citanya, tidak perintah menyerah pada tantangan. Mari kita terinspirasi oleh semangat Kartini mengatasi persoalan dalam segala keterbatasan dan menggapai impian dan memberikan pelajaran yang paling berharga bagi kita semua bahwa perempuan dapat atau mampu menggapai kesetaraan dan keadilan untuk memperjuangkan hak-hak perempuannya dan mendukung kesetaraan gender,” pungkasnya.

Pj Ketua TP PKK Prov Kep Babel Safriati Safrizal yang hadir dalam kegiatan ini turut membacakan sejarah singkat dari perjuangan RA Kartini.

“RA Kartini merupakan salah satu tokoh penggerak wanita di Indonesia pada masa penjajahan kolonial Belanda. Akan jasa yang begitu besar kepada Bangsa Indonesiadi bidang penggerakan kaum wanita, maka RA Kartini dianugerahi oleh bangsa Indonesia sebagai tokoh pahlawan Nasional bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan oleh Kepala DP3ACSB Asyraf Suryadin bahwa Peringatan Hari Kartini Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024 dimaksudkan untuk mewariskan kepahlawanan dan nilai-nilai luhur serta semangat perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Sedangkan tujuannya meningkatkan peran dan partisipasi perempuan Indonesia dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menuju pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan, ujarnya saat membacakan Laporan Ketua Panitia.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan kegiatan talkshow yang menghadirkan narasumber tokoh inspiratif seperti Melati Erzaldi selaku Founder Sekuntum Melati Kep. Babel, Muhammad Ali purnama Manager Bisnis Mikro BRI Cabang Pangkalpinang, Siti Daniati Ketua LPLPP Salimah Bangka Belitung, Agus Salim Shopee Seller.

Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati/Wali Kota se-Babel/ yang mewakili, Kepala Perangkat Daerah, instansi vertikal Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pj. Ketua/Ketua TP PKK se-Babel, Ketua Organisasi Perempuan se-Babel.(Lisia Ayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *