banner 728x250

Peternak di Bangka Selatan Senang Pelayanan Kesehatan Hewan Gratis

banner 120x600

BE,TOBOALI- Upaya Pelayanan Kesehatan Hewan Gratis yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui petugas-petugas Bidang Peternakan Dinas Pertanian Pangan Perikanan di respon positif oleh masyarakat Peternak, khususnya masyarakat desa Fajar Indah dan sumber Jaya Permai Kecamatan Pulau Besar, yang menerima Layanan Kesehatan Hewan Gratis, Kamis (04/052023).

Hal ini terkuak berdasarkan informasi dari Ketua Gapoktan Desa Fajar Indah yang juga sekaligus Peternak, Ratam.

“Kegiatan pelayanan kesehatan hewan gratis sangat berguna dan membantu menjaga kesehatan ternak kami,” ujar Ratam.

Selain kegiatan diatas, program-program Dinas Pertanian Pangan Perikanan lainnya melalui bidang Peternakan dalam bentuk bantuan Ternak, Pendampingan Peningkatan SDM maupun kegiatan penunjang lainnya.

Masyarakat Desa Fajar Indah sudah terlihat hasil nyata secara kasat mata dimana sudah banyak peternak yang bisa membangun rumah, membeli kendaraan maupun membeli lahan dari hasil usaha peternakan sapinya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan atas perhatiannya kepada masyarakat peternak di desa kami,” Ratam.

Hal serupa juga di sampaikan oleh Kepala Desa Sumber Jaya Permai, Toha maksum. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Pelayanan Kesehatan Hewan Gratis sangat membantu para peternak di desanya, sehingga produktivitas ternak dapat terus terjaga.

Selain Layanan Kesehatan Hewan Gratis, Kehadiran Pusat Kesehatan Hewan (puskeswan) turut berperan besar dalam membantu peternak dalam masalah kesehatan ternak.

Budidaya ternak sapi oleh masyarakat baik ternak mandiri maupun ternak bantuan pemerintah telah membantu roda ekonomi masyarakat dimana sudah terlihat peternak bisa membangun dari hasil beternak sapi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan maupun Dinas Pertanian Pangan Perikanan atas kerja nyata yang telah di berikan dan berharap program ini terus berjalan guna menjaga pencapaian kecamatan Pulau Besar sebagai sentra ternak Bangka selatan.

Terkait hal diatas, Kepala bidang Peternakan, Nuruddin, S.Pt, ketika di konfirmasi menyatakan bahwa layanan kesehatan hewan gratis yang dilakukan pada Kamis 4 mei 2023 dan menyasar 445 ekor ternak, memiliki tujuan utama menjaga kesehatan & meningkatkan produktivitas ternak di masyarakat.

Berkenaan dengan dampak peningkatan ekonomi masyarakat dari sentuhan program peternakan, Nuruddin menyampaikan rasa syukur & terima kasih kepada semua pihak yang berperan atas hal tersebut dan berharap, banyak penerima manfaat program yang mulai intens dilakukan sejak tahun 2017, turut merasakan dampak serupa. (Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *