banner 728x250

Peringati HUT ke-50, DPD KNPI Basel Gelar Dialog Kepemudaan

BE,TOBOALI- Untuk memperingati HUT ke-50 Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Basel bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar acara dialog Kepemudaan, di Gladok Cafe, Jalan Kolong Dua, Toboali, pada Selasa malam (08/08/2023).

Pada dialog yang dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk perwakilan Panwas (Panitia Pengawas), Perwakilan Polres Bangka Selatan, perwakilan Kejari Bangka Selatan, Bawaslu Basel dan Dosen Universitas Bangka Belitung.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, berbicara tentang peran krusial pemuda dalam pesta demokrasi di Negara Republik Indonesia. Menyambut kedekatan Pilpres dan Pileg, Riza Herdavid memberikan apresiasi atas upaya kolaboratif DPD KNPI Bangka Selatan dan Bawaslu dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai proses Pemilu. Ia menggambarkan pemuda sebagai duta-duta yang akan membantu menjalankan peran ini. Inisiatif deklarasi damai yang digagas oleh DPD KNPI juga diakui sebagai langkah awal yang penting, dan Bupati berharap semangat ini terus bertahan dalam menyebarkan informasi bermanfaat bagi masyarakat.

Kerjasama antara pemerintah daerah dan organisasi pemuda, seperti KNPI, memiliki peran signifikan dalam memastikan pelaksanaan pesta demokrasi berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip yang benar. Acara dialog tersebut juga mendukung peran Panwas dalam mendukung pengawasan pelaksanaan Pemilu dengan maksimal.

Ketua DPD KNPI Basel, Agam Primadi, menggarisbawahi tujuan dialog tersebut, yaitu menciptakan Pemilu yang berkualitas melalui langkah-langkah dialog kepemudaan. Dia juga menekankan pentingnya pemahaman tentang Pemilu yang humanis, baik, dan fokus pada kemajuan daerah.

Narasumber lainnya, Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, EM Osykar, menyatakan apresiasi atas kolaborasi dengan pemda Bangka Selatan dalam menyongsong Pemilu 2024 serentak. Program-program tekanan Osykar Bawaslu yang melibatkan berbagai kelompok masyarakat, termasuk yang selama ini kurang terlibat.

Dalam kesempatan yang sama, Dosen Universitas Bangka Belitung, Luna Febriani, menegaskan pentingnya peran pemuda dalam menyebarkan pengetahuan tentang Pemilu kepada generasi muda dan perlunya keterlibatan pemuda lebih dari sekedar Pilpres.

Kolaborasi antara DPD KNPI Basel dan Bawaslu Bangka Belitung diharapkan akan terus berlanjut, membawa pemahaman yang lebih baik tentang pelaksanaan pesta demokrasi di daerah tersebut. Masyarakat Bangka Selatan berharap usaha ini dapat memberikan kontribusi positif dalam Pemilu yang transparan dan berintegritas. (Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *