banner 728x250

Penambangan Ilegal Berlangsung di Laut Sukadamai Bangka Selatan Tanpa Izin PT Timah Tbk

banner 120x600

 

Puluhan hingga ratusan instalasi penambangan jenis PIP (Peralatan Instalasi Penambangan) seperti tower dan mini ditemukan aktif di Laut Sukadamai, wilayah DU 1546 Toboali, Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (28/12/2023).

Kabar ini mengejutkan karena PT Timah Tbk, perusahaan yang memiliki wilayah izin usaha pertambangan (IUP) di lokasi tersebut, menyatakan bahwa mereka belum mengeluarkan izin kerja apapun terkait aktivitas tersebut.

Kabid Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan menegaskan bahwa tidak ada izin kemitraan yang diberikan oleh perusahaan untuk operasi PIP di area Sukadamai.

Sementara pihak perusahaan terus melakukan tindakan preventif, seperti himbauan dan koordinasi dengan pihak berwenang, termasuk APH (Aparat Penegak Hukum), untuk mengamankan konsesi wilayah IUP perusahaan.

Warga setempat mencatat bahwa aktivitas penambangan ini sempat terhenti beberapa minggu lalu, namun belakangan kembali berlangsung. Mereka mengungkapkan ketidaktahuan mereka terkait izin dari PT Timah terkait aktivitas yang sedang berlangsung.

Situasi ini menimbulkan keprihatinan besar terhadap lingkungan dan masyarakat setempat. Penegakan hukum dan penertiban perlu segera dilakukan untuk menghentikan aktivitas ilegal ini demi melindungi wilayah laut Sukadamai Bangka Selatan serta kepentingan masyarakat Bangka Belitung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *