banner 728x250

Pemprov Babel Terus Berupaya Entaskan Blank Spot

BE,JAKARTA- Guna meningkatkan pelayanan masyarakat berbasis elektronik dan peningkatan kinerja secara digital, tantangan konektivitas dan aksesibilitas jaringan internet menjadi persoalan, utamanya bagi daerah kepulauan seperti Bangka Belitung. Hal ini dikemukakan Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat bertemu dengan Direktur Utama PT. PLN ICON Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi di Jakarta pada Kamis malam 7/9/2023.

“Permasalahan jaringan internet ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi kami karena
di beberapa titik wilayah kami masih blank spot,” tuturnya.

Berdasarkan data yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sudarman (Kompas.com 19/6/2023) lebih kurang ada 39 titik wilayah di Kepulauan Babel yang masih berstatus blank spot. Wilayah itu adalah di Kabupaten Bangka sebanyak ada 13 titik, Bangka Selatan ada 7 titik.Lalu ada beberapa titik tersebar di Pulau Long, Pulau Bukulimau dan Pulau Batun di Belitung Timur.

Untuk itu, Pj. Gubernur Suganda berharap PT. PLN ICON Plus sebagai salah satu penyedia layanan internet cepat dengan memaksimalkan aset kabel fiber optik yang dimiliki oleh PT PLN (Persero) dapat membantu mengentaskan persoalan blank spot di Negeri Serumpun Sebalai.

“Kami berharap kita bisa bersinergi melakukan percepatan penyediaan jaringan agar kualitas pelayanan publik guna mendukung aktivitas perekonomian, kesehatan hingga pendidikan yang merata,” ujarnya.

Ari Rahmat yang didampingi pejabat di jajarannya menyambut baik keinginan Pj Suganda. Dirinya menjelaskan bahwa sebagai diversifikasi bisnis dan melalui asetnya PLN tidak hanya menyediakan layanan kelistrikan namun kini merambah kepada penyediaan internet.

“Sebagai salah satu penyedia infrastruktur layanan internet, kami sangat mendukung dan sudah bekerjasama dengan beberapa pemerintah daerah untuk mewujudkan digitalisasi,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Ari Rahmat juga mengemukakan bahwa pihaknya juga saat ini mendorong penyediaan layanan berbasis green and smart.

“Setiap kali saya menjadi pembicara, konsep tersebut terus kami gaungkan,”tuturnya.

Berbicara mengenai Go Green, Pj Suganda secara bertahap mencanangkan penggunaan mobil listrik yang di mulai dari kendaraan dinasnya sendiri.

“Saya sudah mulai, pada tahap awal ini untuk kendaraan dinas di Jakarta dulu. Ini sebagian kecil upaya kita untuk mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan,” ujarnya.

Terkait tindaklanjut pertemuan hari ini Pj Gubernur Suganda rencananya juga akan beraudiensi kembali dengan PT. PLN ICON Plus pada hari ini Jumat 8/9/2023 bersama dengan Kadis Kominfo.

Menutup pertemuannya dengan dengan Dirut PT. PLN ICON Plus, Pj Gubernur Suganda memberikan sekaligus mengenalkan cenderamata berupa cincin batu satam yang merupakan batuan khas Kepulauan Bangka Belitung.

(Imelda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *