banner 728x250

Pemkab Basel Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII

BE,TOBOALI- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII Tahun 2024 dengan tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau, dan Lingkungan yang Sehat”, di halaman kantor Bupati Basel pada Kamis, 25 April 2024.

Mewakili Bupati Basel, Riza Herdavid bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara Pj. Sekda Basel, Haris Setiawan, membacakan arahan Menteri Dalam Negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. Dalam arahannya, Haris Setiawan menekankan komitmen dan tanggung jawab seluruh jajaran Pemerintah Daerah untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan.

“Selama 28 tahun, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, termasuk peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan kemampuan fiskal daerah,” ujar Haris Setiawan.

Lanjut Haris Setiawan, meskipun demikian, daerah yang memiliki PAD dan kemampuan fiskal baik namun IPM masih rendah serta angka kemiskinan tinggi perlu melakukan evaluasi untuk memastikan efektivitas dan efisiensi program-program dalam APBD.

Pj. Sekda Haris juga mengimbau kepada daerah yang masih rendah PAD-nya untuk melakukan terobosan dan inovasi guna meningkatkan pendapatan tanpa memberatkan rakyat dan melanggar hukum serta norma yang ada.

“Terobosan kebijakan yang berkelanjutan dan implementasi regulasi Ekonomi Hijau menjadi fokus dalam pengembangan wilayah secara terintegrasi,” tegas Haris Setiawan.

Upacara tersebut menjadi momentum untuk mendorong pemerintah daerah dalam mengambil langkah-langkah strategis demi menciptakan ekonomi hijau dan kesejahteraan berkelanjutan bagi masyarakat Kabupaten Bangka Selatan.(Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *