banner 728x250

Pemkab Basel Gandeng BSB Terapkan Tapping Box untuk Meningkatkan PAD

BE,TOBOALI-Pemkab Bangka Selatan bersama Bank SumselBabel telah meresmikan penerapan Teknologi Tapping Box sebagai langkah strategi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Selasa tanggal 3 Oktober 2023, pukul 14.00 WIB.

Penerapan inovatif ini pertama kali diterapkan di Bangka Selatan, mendapat apresiasi dari Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, ST., M.Tr.IP.

Dalam pernyataannya, Bupati Riza menyambut baik langkah yang diambil oleh Bakuda (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) dan Bank SumselBabel untuk meningkatkan PAD, terutama dari sektor perhotelan, rumah makan, dan hiburan. Penerapan Teknologi Tapping Box diharapkan dapat membantu mengawasi dan merekam transaksi dengan lebih efisien. Penerapan Teknologi Tapping Box ini menjadi yang pertama di Bangka Selatan, dan Bupati Riza mengajak semua pelaku usaha untuk terus bersinergi dengan Pemkab Bangka Selatan dalam memajukan daerah tersebut.

“Saya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Bakuda dan pihak Bank SumselBabel untuk meningkatkan PAD, khususnya sektor perhotelan, rumah makan dan hiburan. Penerapan Tapping Box ini untuk pertama kali diterapkan di Bangka Selatan. Kedepan saya mengajak para pelaku usaha terus bersinergi dengan Pemkab Bangka Selatan memajukan daerah. Paralel dengan hal tersebut, Kami akan terus support program pengembangan UKM, khusus nya yang berskala mikro kecil,” ucap Bupati Riza.

Selain itu, Bupati Riza menekankan dukungan kepada pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), terutama yang berskala mikro dan kecil, sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat ekonomi lokal.

Sementara itu, Kepala Bakuda Bangka Selatan, Agus Pratomo, SE., MM., menjelaskan bahwa pada hari itu mereka melakukan sosialisasi penerapan Teknologi Tapping Box kepada sejumlah pelaku usaha. Sosialisasi ini mendapat tanggapan positif dari para peserta rapat, yang setuju untuk menerapkan Teknologi Tapping Box di tempat usaha masing-masing.

Kepala Bakuda juga mengungkapkan bahwa penerapan Teknologi Tapping Box dilakukan dengan bantuan dari Bank SumselBabel, khususnya dalam hal peralatan. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi secara berkala terhadap efektivitas penerapan Teknologi Tapping Box ini.

“Untuk memperkuat komitmen dari semua pihak yang terlibat, penandatanganan kerjasama (MoU) langsung dilakukan setelah sosialisasi. MoU ini mengikat komitmen antara Pemkab Bangka Selatan, Bank Sumsel Babel, dan sejumlah pelaku usaha yang terlibat. Saat ini, target pelaku usaha yang menerapkan Teknologi Tapping Box adalah 10 unit usaha, dan akan terus ditingkatkan di tahun depan, sejalan dengan hasil evaluasi efektivitasnya.” pungkas Agus Pratomo.

Acara ini diadakan di Ruang Rapat Baru Belimbing Kantor Bappelitbangda Bangka Selatan dan dihadiri oleh sejumlah pelaku usaha, termasuk Hotel Cozy, Hotel Grand Marina, Caffe and Restoran New Lesehan Green, dan Kopi Kite.

Dengan sinergi yang kuat antara pemerintah daerah, perbankan, dan pelaku usaha, Pemkab Bangka Selatan berharap dapat mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah dan memajukan sektor-sektor ekonomi utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *