banner 728x250

Mudik Aman Berkesan, Sinergi Pemerintah di Kep. Babel

banner 120x600

BE,PANGKALPINANG – Bersama Kapolda Babel Yan Sultra, Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu pimpin Apel Oprerasi Ketupat Menumbing – 2023 dalam rangka pengamanan Idulfitri 1444 Hijriah Tahun 2023 di Mapolda Babel, Senin (17/04/2023).

Di dampingi Forkopimda Babel, Pengecekan keliling pasukan mulai personil hingga perlengkapanya. Personel gabungan ini terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Pj. Gubernur Suganda juga berkesempatan menyematkan tanda personel kepada perwakilan pasukan daam Apel Gelar Pasukan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam amanat sebagai pimpinan apel, Pj. Gubernur Suganda membacakan amanat resmi dari Kepala Kepoliasian Republik Indonesia, gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

“Ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idulfitri 1444 H,” jelasnya hal ini tentunya untuk mewujudkan ‘Mudik yang Aman dan Berkesan”’ begitu pula pada saat arus balik.

Tahun lalu dari segi pelayanan mendapatkan apresiasi dari masyarakat, Survei Indikator periode 5 s.d. 10 Mei 2022, menyatakan terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022.

“Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik,” ajaknya.

“Kemenhub RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%,” ungkapnya membacakan sambutan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, sekaligus menyampaikan pesan Presiden Jokowi untuk personil gabungan berhati-hati dalam menjalan tugas, karena setidaknya kenaikan terjadi 44,8% dari tahun kemarin.

Diakhir sambutannya, Pj Suganda selain mengucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa dan Selamat Hari Raya Idulfitri 1444 H kepada umat muslim di Kep. Babel

Diketahui, Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” akan berjalan selama 14 (empat belas) hari sejak 18 April s.d. 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) tanggal 10 s.d. 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 s.d. 9 Mei 2023.

Usai apel gelar pasukan, bersama Forkopimda Babel Pj. Gubernur Suganda juga menyaksikan Pemusnahan Barang Bukti Hasil Operasi Pekat Menumbing – 2023 KRYD Cipta Kondisi Polda Kep. Babel Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 Wilayah Hukum Polda Kep. Babel. (Nona)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *