banner 728x250

MKMB akan Gelar Festival Jajanan Khas Bangka di Jakarta

banner 120x600

BE,PANGKALPINANG – Musyawarah Kekeluargaan Masyarakat Bangka (MKMB) berencana menggelar  Festival Jajanan Bangka, saat Perayaan HUT ke-23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), di Sarinah Jakarta, pada 21 November mendatang.

Rencana tersebut, diungkapkan oleh Ketua Umum MKMB, Imam Hariyanto, saat bertemu dengan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Kamis (19/10/2023).

“Kami dari MKMB berencana menggelar sejumlah rangkaian kegiatan. Salah satunya, bernama Festival Jajanan Bangka. Di mana, untuk pelaksanaannya, akan digelar bertepatan dengan HUT Provinsi Kepulauan Babel ke-23, pada 21 November nanti, di Sarinah Jakarta,” terang Imam Hariyanto.

“Sebagai wadah bagi masyarakat Negeri Serumpun Sebalai yang berada di Jakarta, khususnya di area Jabodetabek, kami menginginkan masyarakat kita yang ada di sana, juga merasakan kemeriahan HUT Provinsi Kepulauan Babel ke-23,” lanjutnya.

Menurut Imam, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut yakni memperkenalkan makanan basah dan makanan kering khas Kepulauan Babel, agar dikenal oleh orang-orang di luar Negeri Serumpun Sebalai.

Selain memperkenalkan makanan basah dan kering, lanjut Imam, kegiatan tersebut juga bertujuan mempromosikan beragam potensi-potensi yang dimiliki oleh Kepulauan Babel, khususnya di sektor pariwisata.

“Nantinya, jika kegiatan itu dilaksanakan, kita akan mempromosikan apa saja potensi-potensi terbaik, terbagus dan beragam makanan-makanan terenak di Kepulauan Babel ini kepada masyarakat luar,” katanya.

Melalui pelaksanaan kegiatan tersebut, kata Imam, pihaknya berharap bisa berkontribusi membantu pemerintah daerah dalam memperkenalkan Kepulauan Babel di Kancah Nasional.

Jika Kepulauan Babel sudah dikenal luas oleh orang-orang, lanjut Imam, maka kedepannya akan banyak wisatawan yang datang untuk melihat potensi dan menikmati secara langsung makanan khas Kepulauan Babel yang beragam.

Saat ditanya terkait persiapan pelaksanaan kegiatan, Imam mengaku pihaknya sudah melakukan audiensi ke Dinas UMKM Provinsi Kepulauan Babel, guna mengklasifikasikan makanan apa saja yang cocok untuk ditawarkan saat pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Dari sana, nanti kita akan atur dan koordinasikan dengan pihak terkait, agar makanan-makanan itu bisa ditempatkan di booth-booth yang telah disiapkan di Sarinah Jakarta,” jelasnya.

“Ini bertujuan supaya para pelaku UMKM bisa menawarkan dan memasarkan makanan-makanan itu kepada orang-orang di Jakarta, melalui berbagai macam media promosi yang sudah kita siapkan, baik itu online maupun berbagai media promosi lainya,” imbuhnya.

Selain beraudiensi dengan Dinas UMKM Provinsi Kepulauan Babel, kata Imam, pihaknya juga sudah melakukan audiensi ke sejumlah Bupati di daerah. Namun, lanjut Imam, setelah bertemu dengan para Bupati, pihaknya disarankan untuk meminta persetujuan, terkait pelaksanaan kegiatan tersebut ke Pj Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu.

“Jika pak Pj memberikan lampu hijau, untuk mensupport kegiatan ini, barulah kita bisa lebih mudah untuk berinteraksi dengan para Bupati/Walikota di daerah-daerah lainnya di Kepulauan Babel ini, untuk mencari tahu potensi-potensi yang dimiliki daerah masing-masing untuk ditawarkan di kancah nasional,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Pj Gubernur Suganda menyatakan mendukung pelaksanaan tersebut. Namun, MKMB harus berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Babel.

Hal ini dikarenakan, pada Perayaan HUT ke-23 Provinsi Kepulauan Babel, Dinas Sosial dipercaya sebagai panitia penyelenggara even tahunan tersebut.

“Pada prinsipnya, kami mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Masalahnya, di tahun ini kan panitia HUT Kepulauan Babel adalah Dinas Sosial. Jadi silahkan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Sosial.

“Jika mereka (Dinas Sosial) setuju, kami tentunya siap mendukung pelaksanaan kegiatan itu. Ini kegiatan bagus. Saya harap, bisa terlaksana,” tutupnya.(Yudhistira)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *