banner 728x250

Kolaborasi Dunia Pendidikan dan Dunia Usaha, PT Timah Berikan Kesempatan Magang Bagi Mahasiswa dan Pelajar

BE,PANGKALPINANG — Kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri sangat penting untuk meningkatkan kemampuan para pelajar dan mahasiswa. Salah satunya ialah melalui program magang.

PT Timah memfasilitasi para pelajar dan mahasiswa yang ingin magang di tahun 2024 melalui program Timah Internship. Program ini untuk mengembangkan talenta masa depan dan juga memperkuat eksositem pendidikan dan dunia kerja secara keselurahan.

Timah Internship merupakan bagian dari program pengembangan SDM Eksternal yang bertujuan membangun Sumber Daya Manusia yang unggul tangguh, bermartabat, serta upaya mendukung perusahaan dalam mengimplementasikan Enviromental Social Governance (ESG), sekaligus lingkungan kerja yang kondusif/hubungan kerja yang kondusif.

Melalui program magang, PT Timah memberikan peluang bagi pelajar dan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis di dunia kerja profesional.

PT Timah kerap menjadi pilihan tempat magang bagi mahasiswa dan pelajar lantaran memiliki proses bisnis yang spesial dan kompleks sehingga banyak ragam jurusan yang bisa mengajukan dan melakukan magang di PT Timah seperti metalurgi, penambangan darat dan laut dan berbagai keilmuan lainnya.

Ada beberapa jalur yang bisa dimanfaatkan para pelajar dan mahasiswa untuk bisa mengikuti magang di PT Timah tahun 2024.

Pertama, Praktik Kerja Lapangan yakni praktik kerja yang diperuntukkan bagi siswa-siswi dari sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Praktik Kerja Industri dilaksanakan dua kali dalam satu tahun. Dibagi dalam dalam dua batch, batch pertama pada Bulan Januari-Juni dan batch kedua pada Bulan Juli-Desember.

Kedua, Praktik Kerja Mandiri atau penelitian. Jalur ini dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa melalui jalur langsung dari Perguruan Tinggi ke PT Timah Tbk yang disesuaikan dengan kebutuhan pemenuhan kurikulum di perguruan tinggi.

Ketiga, Magang melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yakni magang yang dilaksanakan oleh Kementerian BUMN melalui FHCI.

Praktik Kerja Mandiri ini juga dilaksanakan dalam dua batch dalam satu tahun yakni batch 1 periode Januari-Juni dan batch 2 periode Juli-Desember. Dengan kapasitas peserta masing-masing batch sebanyak 40 orang.

Selama magang, peserta memiliki kesempatan untuk mengembangkan berbagai keterampilan yang diperlukan dalam dunia kerja yang disesuaikan dengan jurusan dan keilmuan.

Selain itu, para peserta magang juga dapat menentukan durasi magang sesuai dengan kebutuhan dengan periode magang 1-6 bulan. Ada banyak manfaat yang dirasakan bagi para peserta magang di PT Timah diantaranya peningkatan kompetensi, networking, pengalaman dan coaching dalam dunia kerja.

Bagi para mahasiswa dan siswa yang ingin mendapatkan kesempatan untuk magang di PT Timah bisa mengirimkan permintaan melalui email tins.learning@pttimah.co.id.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan mengatakan program magang ini merupakan komitmen PT Timah Tbk untuk mendukung dunia pendidikan.

Melalui program magang memperkuat kemitraan yang penting antara institusi pendidikan dan dunia kerja. Dengan berkolaborasi dalam penyelenggaraan program magang, perguruan tinggi dapat memastikan bahwa kurikulum mereka tetap relevan dengan kebutuhan industri, sementara perusahaan mendapatkan akses langsung ke talenta muda dan kontribusi dalam proses pendidikan.

“Program magang ini merupakan upaya PT Timah Tbk untuk mendukung peningkatan kualitas SDM, para pelajar dan mahasiswa dapat terlibat langsung sesuai dengan bidang keahlian dan memberikan dampak positif untuk perusahaan,” katanya.

Saat ini telah ada ratusan mahasiswa dan siswa yang pernah magang di PT Timah yang berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia dan berbagai Perguran Tinggi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *