banner 728x250

Kemenag Basel Buka Sertifikasi Halal Gratis untuk Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

BE,TOBOALI- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Selatan mengumumkan kebijakan terbaru untuk memberikan kemudahan dalam pendaftaran sertifikasi halal bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil, Kamis (03/08/2023).

Melalui skema pernyataan pelaku usaha (self-declare), para pengusaha dapat mengajukan Sertifikasi Halal secara gratis. Pengumuman ini disampaikan oleh Sali, Pendamping Proses Produk Halal dan Penyuluhan Agama Islam Kabupaten Bangka Selatan.

Menurut Sali, persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi halal cukup mudah, hanya memerlukan KTP dan KK, serta catatan bahan-bahan dan proses pembuatan produk mulai dari awal hingga di kemas siap jual.

Setelah pendaftaran, akan dilakukan kunjungan/kurasi ke pelaku usaha sebelum persetujuan akhir di akun pendamping. Proses berlanjut dengan menunggu sidang di komite fatwa BPJPH yang menentukan apakah produk memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat halal. Proses ini diperkirakan berlangsung kurang lebih setengah bulan.

Salah satu alasan dibukanya pendaftaran sertifikat halal gratis adalah adanya kebijakan yang mewajibkan tiap produk yang dijual harus memiliki label halal sejak tanggal 17 Oktober 2024. Saat ini, sudah ada 31 produk di Kabupaten Bangka Selatan yang telah memiliki label halal.

“Sertifikasi halal ini akan memberikan manfaat bagi para pengusaha, seperti produk yang terjamin kualitasnya, serta meningkatkan kepercayaan konsumen Muslim dalam membeli produk halal,” ungkap Sali.

Sali menambahkan bahwa sertifikasi halal gratis ini khusus diberlakukan untuk jenis produk berisiko rendah, seperti produk susu, lemak, minyak emulsi, buah dan sayur, es untuk dimakan atau sereal, produk bakery, dan lainnya.

Diharapkan dengan adanya sertifikasi halal ini, akan tercipta kenyamanan dan keamanan bagi konsumen Muslim dalam memilih produk yang sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan agama mereka. Pengusaha Usaha Mikro dan Kecil di

Kabupaten Bangka Selatan diharapkan segera memanfaatkan kesempatan ini untuk mengajukan Sertifikasi Halal Gratis guna menjaga dan meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk-produk yang dijual.(Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *