banner 728x250

Kemarau Panjang, Ratusan Siswa SD Muhammadiyah Toboali Salat Minta Hujan

BE,TOBOALI- Ratusan siswa dan guru di SD Muhammadiyah Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, berkumpul di masjid sekolah pada Jumat pagi (15/09/2023).

Mereka menggelar sholat Istisqa dan berharap dengan doa bersama ini, hujan akan turun mengatasi kemarau panjang yang melanda Toboali Bangka Selatan.

Sebelum melaksanakan sholat, guru-guru terlebih dahulu memberikan pengajaran kepada para siswa mengenai niat dan tata cara sholat Istisqa. Setelah pemahaman yang cukup, mereka semua bersama-sama melaksanakan sholat meminta hujan dengan berjamaah. Imam dalam doa tersebut adalah Ustad Yahya, salah satu guru di sekolah tersebut.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Toboali, Eduward Apriliansyah, menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan 338 siswa, 30 guru, dan pegawai sekolah. Awalnya, rencana pelaksanaan sholat ini di lapangan, tetapi karena lapangan sedang dalam tahap pembangunan, kegiatan ini dipindahkan ke Masjid Tarbiyah Toboali.

Eduward juga menjelaskan bahwa shalat Istisqa memiliki tujuan untuk memohon hujan, terutama saat menghadapi kemarau yang panjang dan cuaca yang lebih panas dari tahun sebelumnya. Kemarau panjang tidak hanya mengakibatkan kekeringan di sawah-sawah, tetapi juga meningkatkan risiko kebakaran lahan dan hutan.

“Dalam situasi seperti ini, kami mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW untuk melaksanakan sholat Istisqa sebagai bentuk doa dan usaha kami untuk meminta turunnya hujan,” kata Eduward.

Semoga doa mereka dikabulkan, dan hujan segera turun untuk memberikan berkah untuk Bangka Selatan serta mengatasi masalah kekeringan yang dialami masyarakat.(Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *