banner 728x250

Karhutla Ancam Kabupaten Bangka Selatan, Masyarakat Diimbau Waspada

BE, TOBOALI-Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, menghadapi ancaman serius dari kebakaran lahan dan hutan (Karhutla). Dalam satu hari, telah terjadi empat titik kebakaran di wilayah ini, dengan tiga di antaranya berlokasi di Kecamatan Toboali, Jumat (15/09/2023).

Kabid Damkar Kabupaten Bangka Selatan, Ardiansyah, mengatakan ada empat titik kejadian terjadi pada Kamis (14/09/2023). Tiga titik kebakaran lahan terjadi di Komplek Perkantoran Parit 3, Desa Gadung, dan Desa Rias, semuanya berada di Kecamatan Toboali.

“Untuk menangani situasi ini, sebanyak 3 unit dan 19 personel segera dikerahkan ke lokasi Komplek Perkantoran Parit 3, 1 unit dan 5 personel diarahkan ke Desa Gadung, dan 2 unit serta 13 personel ditugaskan di Desa Rias,’ ucap Ardiansyah.

Selain tiga titik kebakaran di Toboali, satu titik kebakaran lainnya terjadi di Desa Pasir Putih, Kecamatan Sadai. Untuk menanggapi hal ini, 1 unit dan 5 personel segera bertindak cepat, dengan kebakaran berhasil dipadamkan antara pukul 11.40 WIB dan 13.25 WIB.

Ardiansyah mengingatkan pentingnya kewaspadaan masyarakat menghadapi musim kering saat ini dan meminta agar mereka bijaksana dalam menghadapi situasi ini.

“Jika terjadi kebakaran, masyarakat diharapkan segera menghubungi nomor pengaduan yang telah disediakan, yaitu 081278323979 atau 081271029510, untuk respon yang lebih cepat,” tegas Ardiansyah.

Ardiansyah dengan tegas mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan menghindari perilaku yang dapat memicu kebakaran lahan, seperti membakar sampah atau membuang puntung rokok secara sembarangan. Musim kering dan suhu udara yang tinggi saat ini meningkatkan risiko penyebaran api.

Situasi Karhutla ini harus menjadi perhatian bersama, dengan upaya pencegahan dan penanganan yang tepat, diharapkan dapat meminimalkan risiko kebakaran yang dapat merugikan lingkungan dan masyarakat setempat.(Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *