banner 728x250
Bangka  

Dua Wilayah Operasi PT Timah Gelar Apel Bulan K3 Nasional, Gelorakan Semangat Keselamatan

banner 120x600

BE,BANGKA — Dalam rangka memeringati Bulan K3 Nasional, Dua Wilayah Operasi (Wilasi) PT Timah Tbk menggelar Apel K3 Nasional tahun 2024. Wilasi yang menggelar Apel yakni Wilasi Kundur dan Wilasi Bangka Utara.

 

Wilasi Kundur melaksanakan Apel K3 Nasional 2024 di Halaman Kantor Peleburan dan Pemurnian Kundur, Kabupaten Karimun dan Wilasi Bangka Utara melaksanakan Apel di Dermaga Mantung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Selasa (6/2/2024).

 

Apel Peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2024 diikuti karyawan dari masing-masing Wilasi, General Manager PT Timah Tbk, Kepala Wilasi dan stakeholder PT Timah. Bulan K3 Nasional 2024 yang mengusung tema ‘Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’.

 

Selain melaksanakan Apel Bulan K3 Nasional, setiap Wilasi juga melakukan penandatangan komitmen K3 yang dilakukan oleh karyawan maupun para peserta apel.

 

 

Apel K3 di Wilasi Kundur turut dihadiri oleh General Manager PT Timah Ryan Andri, Kepala Wilasi Bangka Utara Benny Hutahean, Perwakilan Kepala Dinas Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Insyira Subagia, Kacapdin ESDM Bangka Belitung Lisbagyo, Camat Belinyu Lingga Pranata, Perwakilan Danramil, Perwakilan KSOP Pangkalbalam dan Kepala Divisi di Lingkungan PT Timah.

 

Dalam Apel K3 Nasional Tahun 2024, masing-masing kepala Wilasi Kundur Wiyono dan Kepala Wilasi Bangka Utara Benny Hutahean membacakan amanat dari Direktur Manajemen Risiko dan HSSE MIND ID.

 

Dalam amanat ini menekanan sejumlah pesan penting tentang Budaya K3 yang harus diimpelmentasikan di lingkungan kerja. Sehingga menjadi moment untuk meningkatkan safety culuture maturity level yang lebih tinggi.

 

 

“Safety merupakan number one value, kita harus berangkat dari Mindset safety first menjadi budaya safe operation di mana safety tertanam di semua hal yang kita kerjakan,” ucap Benny.

 

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Energi dan Sumber Daya Alam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Bangka, Lisbagyo menyampaikan Apel K3 bukan hanya seremonial saja. Melainkan untuk mengingatkan pentingnya keselamatan kerja.

 

“Apel Bulan K3 nasional bukan hanya upacara semata, tapi mengingatkan kita semua pentingnya keselamatan kerja terkait operasi dan produksi di PT Timah,” katanya.

 

Ia menilai implementasi Budaya K3 di PT Timah cukup baik, hanya saja masih perlu dilakukan evaluasi untuk mencegah terjadinya fatality.

 

“Implementasi K3 di PT Timah cukup bagus dan tentu kami berharap PT Timah terus melakukan evaluasi, jangan sampai kecelakaan yang pernah terjadi terulang kembali dan jangan sampai terjadi fatality selama kegiatan pertambangan,” pesannya.

 

 

 

Senada, Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Insyira Subagia berharap PT Timah dapat meningkatkam implementasi K3 karena merupakan salah satu bentuk jaminan kesehatan keselamatan bagi para pekerja.

 

“Sejauh ini pantauan kami, PT Timah sudah cukup baik dan sangat baik dalam mengimplementasikan Budaya K3. Hal ini dilihat dari tingkat kecelakaan, musibah yang terjadi di PT timah sudah sangat minim,” ucapnya.

 

Dalam kesempatan Apel K3 ini, PT Timah juga memberikan penghargaan kepada Mitra Usaha PT Timah yang telah mendukung Perusahaan untuk mengimplementasikan Budaya K3 di lingkungan kerja. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *