banner 728x250

DPPP Laksanakan Surveilans PMK dan Penyuntikan Vitamin

BE,BANGKA SELATAN –Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan kembali membuat gebrakan dalam menjaga kesehatan hewan ternak. Pada tanggal 22 September 2023, sebanyak 195 ekor ternak sapi telah menjalani Surveilans Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), 34 diantaranya mendapatkan penyuntikan vitamin, Selasa (26/09/2023).

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kabupaten Bangka Selatan, Nuruddin, S.Pt, mengungkapkan bahwa surveilans PMK telah dilaksanakan dengan lancar. Proses surveilans ini melibatkan pengambilan sampel darah dari ternak sapi di tiga desa, yaitu Sumber Jaya Permai, Fajar Indah, dan Panca Tunggal.

“Surveilan PMK dan penyuntikan vitamin telah berhasil dilakukan. Hasil surveilan PMK melibatkan 195 ekor sapi, sementara penyuntikan vitamin diberikan kepada 34 ekor sapi,” ujar Nuruddin.

Nurudin menjelaskan bahwa tujuan dari surveilans PMK adalah untuk membuktikan efektivitas pembentukan antibodi vaksin PMK.

“Target surveilans ini adalah 170 ekor sapi, namun terealisasi dengan melibatkan 195 ekor sapi. Selain itu, 34 ekor sapi juga mendapatkan penyuntikan vitamin sebagai bagian dari upaya perawatan dan kesehatan ternak,” ucap Nuruddin.

Meskipun tidak ditemukan kasus baru PMK di wilayah Bangka Selatan ini, petugas terus menggencarkan pengawasan dan pemberian vitamin pada hewan ternak sebagai langkah antisipasi.

Nuruddin berharap bahwa pemilik ternak yang telah memelihara ternak untuk terus berpartisipasi aktif dengan bersedia mengambil sampel darah dari ternak mereka, demi menciptakan Indonesia yang bebas dari PMK, terutama di wilayah Negeri Junjung Besaoh.

Dengan pencapaian ini, Kabupaten Bangka Selatan menunjukkan komitmennya dalam menjaga kesehatan ternak dan mencegah penyebaran PMK, yang merupakan langkah penting dalam memastikan kesehatan hewan peternak dan peningkatan populasi ternak sapi di Bangka Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *