banner 728x250

Dihadiri Hanya 6 Anggota Dewan, Rapat Paripurna Rekomendasi DPRD Batal Dilaksanakan

banner 120x600

BE,TOBOALI- Rapat Paripurna Rekomendasi DPRD Bangka Selatan batal dilaksanakan lantaran anggota DPRD yang hadir tidak memenuhi kuorum yakni hanya sebanyak 6 orang saja yang hadir dari 25 anggota DPRD yang ada dan satu orang izin, Selasa (02/05/2023).

Rapat Paripurna juga dihadiri Wakil Bupati Bangka Selatan, Kapolres Toni Sarjaka, Dandim yang diwakili Kasdim, Kajari yang diwakili Kasi Intel, Forkopimda dan OPD lingkup Pemkab Bangka Selatan.

Dikatakan Ketua DPRD Bangka Selatan, Erwin Asmadi usai menutup rapat Paripurna menjelaskan bahwa dalam rapat Paripurna ini merupakan rapat keputusan dewan, sehingga anggota DPRD yang harusnya hadir sebanyak tiga per empat dari jumlah anggota DPRD Bangka Selatan atau sebanyak 17 orang dari 25 anggota.

Menurutnya, berbeda kalau rapat paripurna ini merupakan pengesahan usulan dari pemerintah daerah, anggota dewan yang hadir bisa 50 persen plus satu orang atau 13 orang.

“Karena tidak memenuhi kuorum atau setidaknya harus 17 orang anggota DPRD yang hadir, jadi terpaksa rapat paripurna dibatalkan dan sangat tidak elok kalau kita laksanakan. Saya juga memaklumi karena ini tahun politik di mana kita semua yang ada di DPRD adalah lembaga politik terdiri dari beberapa partai. Jadi mungkin karena alasan tersebut, kawan kawan pada hari ini tidak dapat hadir mengikuti paripurna lagi dalam tahap pengurusan berkas di masing masing instansi,” kata Erwin Asmadi.

Dikatakannya pula, kalau tidak mengikuti rapat paripurna selama 3 kali berturut turut maka nanti akan ada sangsi nya. Pertama itu badan kehormatan DPRD yang akan memberikan teguran, selanjutnya diserahkan kepada masing masing partai politik dan fraksi masing masing. Untuk ketidakhadiran anggota dewan, kata Erwin, bahwa seluruh anggota telah dihubungi dan undang sudah di berikan 3 sebelum paripurna dilaksanakan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi menambahkan bahwa dalam rapat kali ini anggota yang hadir sebanyak 6 orang, satu anggota izin, dan delapan belas anggota DPRD yang tidak hadir tanpa keterangan.

“Kita juga mengerti, karena tadi disampaikan pak ketua dewan beberapa anggota anggota dewan yang tidak hadir karena ada urusan pemberkasan. Karena mereka mengikuti untuk calon calon dewan selanjutnya. Kami dari pemda masih menunggu rekomendasi dari dewan. Itu saja masih penuh karena hari ini tidak tidak dilanjutkan,” ujar Debby.

“Mudah mudahan ke depan kalau memang jadwal sudah ditetapkan, ayo kita sama sama saling bertanggung jawab untuk kebersamaan dan ke depan mudah mudahan tidak terjadi lagi,” pungkasnya.(Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *