banner 728x250

Bantuan PHC Dorong Peningkatan Produksi Tanaman Pangan di Bangka Selatan

BE,TOBOALI- Untuk mendukung peningkatan produksi tanaman pangan, Dinas Pertanian Pangan Perikanan bekerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kabupaten Bangka Selatan mengadakan koordinasi penerimaan bantuan Pupuk Hayati Cair (PHC), di ruang rapat DPPP, jalan Gunung Namak, Toboali, Kamis (31/08/2023).

Kepala Dinas Pertanian Pangan Perikanan, Risvandika mengatakan, Sebanyak 27 Gapoktan di Kabupaten Bangka Selatan ikut berpartisipasi dalam program ini.

“Total bantuan yang diberikan berupa Pupuk Hayati Cair mencapai 54.068 liter, yang akan digunakan untuk mencakup luasan sawah seluas 13.517 hektar. Daerah yang tercakup dalam program ini meliputi Kecamatan Toboali, Air Gegas, Payung, Pulau Besar, Simpang Rimba, Lepar, dan Kepulauan Pongok,” ucap Risvandika.

Lanjut Risvandika, menyatakan bahwa Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan jumlah bantuan yang paling besar jika dibandingkan dengan Kabupaten lain.

“Terima kasih kepada para gapoktan dan kelompok tani di setiap desa yang menerima bantuan ini. Menurutnya, bantuan tersebut akan sangat mendukung dan mendorong peningkatan hasil pertanian, terutama tanaman padi dan palawija, di wilayah Bangka Selatan,” tegas Risvandika.

Salah satu perwakilan gapoktan, Bung Basri dari Gapoktan Hamparan Rezeki desa Jeriji juga mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan PHC ini. Baginya, program bantuan ini agar berkelanjutan karena memiliki peran yang sangat penting dalam membantu petani dan mengoptimalkan hasil panen.

“Bantuan Pupuk Hayati Cair (PHC) menjadi langkah konkrit dalam mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Bangka Selatan. Melalui kolaborasi antara Dinas Pertanian Pangan Perikanan dan gapoktan, produksi tanaman pangan di wilayah Bangka Selatan ini dapat meningkat secara signifikan dalam waktu yang akan datang serta supaya program bantuan ini bisa terus berkelanjutan,” pungkasnya. (Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *