banner 728x250

40 Persen Logistik Pemilu di Babel Sudah Disebar ke KPU Kabupaten/Kota

banner 120x600

BE,PANGKALPINANG- Sebanyak 40 persen logistik Pemilu 2024 sudah disebar KPU Babel ke KPU Kabupaten/Kota melalui jasa PT Pos Indonesia cabang Pangkalpinang. Logistik tersebut berupa surat suara (susu), bilik suara, tinta dan segel.

Demikian rapat pengawasan logistik pemilu yang digelar di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Babel, Kamis (30/11/2023).

Rapat pengawasan logistik pemilu 2024 dihadiri Ketua KPU Babel, Husin SPd, Perwakilan PT Pos Indonesia, Rahmat Patan, Koordinator Divisi Pengawasan dan Humas, Bawaslu Babel, Sahirin dan Jefri.

“Logistik pemilu setelah disortir langsung disebar ke kabupaten/ kota. Logistik tersebut berupa kontak suara, bilik suara, tinta dan segel. Semua logistik didistribusikan oleh PT Pos Indonesia,” kata Sahirin.

Sementara itu, Ketua KPU Babel, Husin menyampaikan 40 persen logistik tahap 1 sudah disebar dan tinggal menunggu tahap 2 di tahun 2024.

“Semua logistik yang masuk ke Provinsi Babel dibagi 2, yakni ke Pulau Bangka melalui Pelabuhan Pangkalbalan dan ke Pulau Belitung. Adapun lokasi pembuatan logistik salah satunya berasal dari Jawa Tengah di Kota Klaten,” ucapnya.

Dikatakan Husin, untuk kotak suara itu terbuat dari bahan kardus bukan kotak kaleng seperti pemilu 2019. Sedangkan untuk gemboknya diganti dengan kabel ties yang berlogo KPU.

“Walaupun kotak suara terbuat dari bahan kardus kualitasnya kuat dan tahan banting. Sementara kabel ties pengganti gembok juga bersegel dan dipastikan aman. Sementara kendala lainnya saat pengiriman ada tinta yang tumpah dan surat suara yang rusak sudah kami antisipasi semuanya. Intinya surat suara yang dipesan sudah sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 2 persen ada cadangannya,” sebutnya.

Manager PT Pos Indonesia cabang Pangkalpinang, Rahmat Patan menyebut sejauh ini pengiriman logistik tidak mengalami kendala berarti.

“PT Pos Indonesia sudah menyiapkan sebanyak 10.523 armada untuk mendistribusikan logistik di Babel. Kendala cuaca dan puncak musim barat sudah diantisipasi dengan pengalaman pemilu 2019 dengan meminta bantuan TNI dan Polri. In Syaa Allah tanggal 12-13 Februari 2024 semua pengiriman akan tepat waktu,” kata Rahmat. (merpinas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *