banner 728x250

Kajati Babel Kunjungi Desa Rias untuk Pererat Kerjasama Pertanian dan Kerukunan Masyarakat

BE,RIAS- Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Bangka Belitung, Asep Maryono, beserta rombongan, melakukan kunjungan ke Desa Rias, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (30/08/2023).

Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mempererat kerjasama dalam sektor pertanian dan memperkuat kerukunan antara masyarakat Sunda dan warga Kabupaten Bangka Selatan.

Dalam kunjungannya ke Kecamatan Toboali, Asep Maryono menyampaikan pentingnya terjalinnya silaturahmi dengan masyarakat Desa Rias, khususnya warga Sunda yang tinggal di wilayah tersebut. Ia mengungkapkan rasa senangnya atas Sambutan hangat yang diterima dari Wakil Bupati Basel, Debby Vita Dewi, Ketua DPRD Basel, Erwin Asmadi, Kajari Basel, Riama Sihite, Kades Rias, Muslim, dan seluruh masyarakat setempat.

Salah satu fokus kunjungan ini adalah peninjauan panen padi di Desa Rias. Asep Maryono menyebut Desa Rias sebagai salah satu lumbung pangan penting di Kepulauan Bangka Belitung yang menghasilkan beras berkualitas tinggi. Ia berharap produksi beras di desa tersebut dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal, serta berkontribusi pada perekonomian wilayah Bangka Belitung dan mengurangi laju inflasi.

Asep Maryono juga menekankan pentingnya kehadiran masyarakat Sunda di Bangka Selatan sebagai elemen yang positif dalam memajukan Kabupaten Bangka Selatan. Ia berharap keanekaragaman budaya tersebut dapat menjadi faktor pemersatu dan mendorong kemajuan yang harmonis.

Dalam pandangan Asep, adaptasi, penghargaan terhadap nilai-nilai budaya setempat, dan menjunjung tinggi adat istiadat adalah prinsip penting yang harus dipegang oleh semua individu.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi, juga turut memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan sektor pertanian. Debby menyatakan bahwa semangat petani perlu ditingkatkan agar produksi dan produktivitas pertanian dapat meningkat.

“Pemerintah daerah, melalui Dinas Pertanian, akan terus memberikan pendampingan dan pelatihan kepada petani, termasuk dukungan pada Gabungan Kelompok Tani dan pembangunan infrastruktur pertanian,” ucap Debby.

Debby juga mengungkapkan program unggulan “Aik Bakung” yang mencakup layanan-layanan penting seperti bazar beras lokal, layanan kesehatan gratis, bazar UMKM, sosialisasi konsultasi perizinan, dan berbagai layanan masyarakat lainnya.

“Kunjungan pak Kajati, Asep Maryono dan kerjasama antara pemerintah daerah dan masyarakat di Desa Rias ini diharapkan akan membawa dampak positif dalam memperkuat sektor pertanian dan memperkuat ikatan sosial di Kabupaten Bangka Selatan,” tegas Debby. (Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *