banner 728x250

Pj Ketua TP PKK Kep. Babel Sri Utami, Tekankan Implementasi 5 Bentuk Partisipasi Kader

BE,PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel) Sri Utami Soedarsono Ridwan Djamaluddin menyampaikan beberapa urgensi beserta lima bentuk partisipasi Kader PKK dalam Rapat Koordinasi (Rakor) TP PKK Prov. Kep. Babel Tahun 2023, dengan tema “Sinergitas dan Kemitraan Penguatan 10 Program Pokok PKK Dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera,” di Sun Hotel, Senin (27/2/23).

Enam urgensi penguatan Kader PKK di antaranya sebagai ujung tombak yang memberikan motivasi dan dukungan bagi masyarakat, pendorong keberhasilan pelaksanaan 10 program PKK, motivator para ibu yang memiliki bayi & balita agar semangat membawa anak-anaknya mengikuti kegiatan Posyandu, kader juga seorang ibu yang mendidik dan mengasuh anak-anak dan keluarganya demi menyiapkan generasi penerus bangsa yang berdaya dan sejahtera, dan sebagai garda terdepan dan pelopor pelaksanaan 10 program PKK (bergerak mulai dari tingkat pusat hingga desa).

“Ada beberapa bentuk partisipasi Kader PKK yang perlu kita terapkan. Pertama berperan dalam mengurangi dan mengentaskan stunting di Kep. Babel melalui Dasawisma. Tolong bantu edukasi ibu-ibu untuk memberikan asi ekslusif dalam bentuk pencegahan stunting. Selain itu, bisa juga dengan mengingatkan untuk melakukan pemeriksaan dan memperhatikan asupan gizi yang baik,” kata Sri Utami saat mengisi materi pada Rakor TP PKK.

Kedua, Kader PKK melalui kegiatan Posyandu memotivasi para ibu yang memiliki bayi dan balita agar semangat membawa anak-anaknya mengikuti kegiatan Posyandu, guna menjaga dan memantau kesehatan bayi dan balitanya. Ketiga, para kader PKK dan Dasawisma berkoordinasi dengan tenaga kesehatan terdepan yaitu bidan dan pos pelayanan kesehatan desa dengan cepat dan tanggap memberikan laporan apabila ada anak yang terindikasi kekurangan gizi atau gizi buruk.

“Saya mohon petugas posyandu turun ke lapangan, untuk mendata ibu hamil, juga keadaan kesehatannya, bahkan siapa yang nanti akan mendonorkan darahnya jika si Ibu Hamil nantinya mengalami pendarahan,” ujarnya.

Lalu, yang keempat adalah dengan terus melakukan penguatan kelembagaan PKK dari aspek Sumber Daya Manusia (SDM) maupun dari aspek tertib administrasi PKK. Terakhir, penguatan pelaksanaan 10 program pokok PKK dalam empat kelompok kerja (Pokja) terus dilakukan, demi terwujudnya target dan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Setelah menyebutkan dan menekankan hal-hal apa saja yang perlu diimplementasikan, Pj Ketua TP PKK Kep. Babel mengintruksikan agar para anggotanya untuk mau bersinergi bersama pihak lainnya, dalam hal menjalankan program.

“Saya berharap seluruh anggota PKK tidak berjalan sendiri, namun menjalankan program secara sinergis dengan Pemerintah Daerah, lembaga swadaya masyarakat, dan komponen masyarakat lainnya,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Desa (DinsosPMD) Kep. Babel Budi Utama, Kepala Dinas Kesehatan Kep. Babel dr. Andri Nurtito, dan seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Kep. Babel. (Intan Pitaloka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *