banner 728x250

Bunda Literasi Kep. Babel: Kejar Ilmu Melalui Pendidikan

BE,PANGKALPINANG – Bunda Literasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Sri Rahayu Mulya Naziarto, mengajak para siswa-siswa untuk mengejar ilmu melalui pendidikan.

Hal ini diungkapkan Bunda Lili (Sapaan akrabnya) saat menjadi pemateri tunggal dalam kegiatan bincang-bincang literasi, sekaligus bedah buku “The Alpha Girl’s Guide karya Henry Manampiring, di Ruang Perpustakaan SMKN 1 Pangkalpinang, Senin (27/2/2023)

Kepada puluhan siswa-siswi dari 6 SMKN di Pangkalpinang dan Bangka Tengah ini, Bunda Lili mengajak siswa-siswi, terutama pelajar wanita untuk semangat menimba ilmu melalui pendidikan, serta menjadi wanita yang berkarakter.

“Jangan beranggapan orang tuanya masih mampu, masih kaya, masih jadi pejabat. Hilangkan anggapan itu. Sebab, harta bisa habis, jabatan bisa lepas. Untuk itu, kejarlah ilmu melalui pendidikan,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri bincang-bincang literasi, Bunda Lili mengingatkan kepada siswi SMK yang hadir untuk bisa menjadi seorang Alpha Girl, yaitu pemimpin yang menjadi sang perawat, sang pembina, sang penghibur, dan sang pelindung, tidak egois, dan memperhatikan kesejahteraan orang lain.

“Keranjang ilmu tidak pernah habis, semakin kita isi semakin kita penasaran. Sebagai wanita kita harus bisa memposisikan diri, harus siap melangkah ke dunia kerja. Gunakanlah bahasa yang baik, berkomunikasilah yang baik. Wanita berkarakter itu, dia mampu berkomunikasi, tidak mudah emosi, mampu melindungi, berpikir positif, tidak tergantung kepada seorang pria,” ujar Bunda Lili.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Pangkalpinang Hendroyono berharap kehadiran Bunda Literasi Kep. Babel sebagai narasumber ini bisa menjadi inspirasi bagi siswa-siswanya, dan sekolah yang ada di Kep. Babel.

Kepala Cabdin Pendidikan Wilayah 1 Dinas Pendidikan Kep. Babel Sjamsul Bahri, memberikan apresiasi dan berterima kasih atas gagasan kegiatan bincang-bincang literasi ini.

“Banyaklah melakukan diskusi. Ini penting untuk meningkatkan literasi,” ujar Sjamsul. (Lisia Ayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *