banner 728x250
Bangka  

Mensos Serahkan Bantuan Kapal Tangkap Ikan untuk Nelayan Bangka dan Basel

BE,BANGKA- Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini, melakukan kunjungan ke Provinsi Bangka Belitung untuk menyerahkan bantuan kapal tangkap ikan kepada nelayan di Kabupaten Bangka dan Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (04/07/2023).

Acara simbolis ini berlangsung di Kampung Nelayan 1, Sungailiat, Kabupaten Bangka, dan bertujuan untuk memberdayakan masyarakat nelayan serta meningkatkan pendapatan mereka.

Kabupaten Bangka Selatan menerima bantuan sebanyak 26 unit kapal tangkap ikan 5 GT dengan total nilai mencapai Rp. 6.743.102.250,-. Penyerahan bantuan ini disambut baik oleh Bupati Bangka Selatan yang ikut hadir dalam acara serah terima tersebut. Dengan bantuan kapal-kapal baru ini, diharapkan nelayan dapat meningkatkan efisiensi dalam menangkap hasil laut yang melimpah, sehingga berdampak positif terhadap kesejahteraan mereka.

Selain memberikan bantuan fisik, Menteri Sosial Ibu Risma juga memberikan himbauan penting kepada masyarakat nelayan. Beliau menekankan pentingnya meningkatkan strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing produk perikanan. Nelayan perlu memahami tuntutan pasar, tren konsumen, dan memanfaatkan teknologi informasi dalam memasarkan hasil tangkapan mereka.

Menteri Risma juga mendorong pembentukan koperasi sebagai wadah masyarakat nelayan untuk bekerja sama, saling mendukung, dan meningkatkan daya saing produk perikanan mereka. Bergabung dalam koperasi memberikan manfaat kolaborasi dalam pemasaran, pengadaan peralatan, serta akses ke pelatihan dan bantuan teknis.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Risma juga mengajak para ibu-ibu nelayan untuk terlibat aktif dalam kegiatan ekonomi. Beliau menganjurkan agar para ibu-ibu nelayan dapat mengembangkan kerajinan atau produksi rumah tangga yang berkaitan dengan sektor perikanan. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi para ibu-ibu untuk berkontribusi secara ekonomi dan meningkatkan pendapatan keluarga mereka.

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, mengungkapkan harapannya bahwa dengan adanya bantuan ini, hasil produksi perikanan Kabupaten Bangka Selatan akan memiliki nilai daya saing yang tinggi.

“Masyarakat nelayan diharapkan mampu memasarkan produk mereka secara efektif, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka. Potensi ekonomi lokal juga akan terstimulasi melalui pembentukan koperasi dan pengembangan kerajinan serta produksi rumah tangga terkait sektor perikanan”, ucap Riza.

Melalui inisiatif dan bantuan dari Menteri Sosial Ibu Risma, Kabupaten Bangka Selatan diharapkan dapat menjadi contoh yang sukses dalam pengembangan sektor perikanan. Kolaborasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat nelayan akan menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai peningkatan yang signifikan dalam sektor ini.

“Alhamdulillah, Bangka Selatan mendapat bantuan 26 unit kapal tangkap ikan, Semoga langkah-langkah ini memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi nelayan dan masyarakat Kabupaten Bangka Selatan secara keseluruhan dan masyarakat nelayan dapat memasarkan produk mereka secara efektif, sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka,” tutup Riza. (Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *