banner 728x250

Bawaslu Basel Dorong Penguatan Kelembagaan untuk Pemilu 2024

BE,TOBOALI- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan menggelar kegiatan peningkatan upaya penguatan kelembagaan menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024, di Hotel Grand Marina Toboali, Sabtu (24/06/2023).

Ketua Bawaslu Basel, Azhari mengatakan langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kelembagaan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Pengawas Kelurahan, dan Pengawas Desa, untuk memastikan mereka dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam menjalankan tugas mereka.

“Dalam rangka penguatan kelembagaan yang bersifat dasar, Kecamatan Pengawas, Kelurahan, dan Desa (PKD) perlu meningkatkan upaya mereka agar terciptanya pola hubungan kelembagaan yang baik secara internal maupun eksternal,” ucap Azhari.

Azhari berharap melalui kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tersebut, semua pengawas ad hock akan mampu menjalankan tugas mereka sebagai anggota Panwascam, sehingga tahapan pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik.

“Kami berharap setelah mengikuti bimtek ini, mereka dapat melaksanakan kegiatan pengawasan dengan maksimal, terutama bagi mereka yang sudah dilengkapi dengan Formulir A atau laporan hasil pengawasan. Mereka harus menguasainya,” harapnya.

Dengan adanya penguatan kelembagaan ini diharapkan Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan dapat menjalankan kepemimpinan secara efektif dan memastikan pemilu 2024 berjalan dengan transparan, adil, dan demokratis.

Lebih lanjut, Azhari menekankan pentingnya bagi Panwascam dan pengawas kelurahan/desa untuk mencatat dan melaporkan hasil pengawasan mereka dalam Formulir A.

“Tujuan utamanya adalah agar mereka dapat mencatat semua hasil pengawasan ke dalam Formulir A, sehingga kita dapat mengetahui apa yang mereka lakukan dalam pengawasan di wilayah masing-masing, baik di Panwascam maupun di pengawas kelurahan dan desa,” tegas Azhari. (Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *