banner 728x250

Pj Walikota Resmi Membuka Musabaqoh Tilawatil Barzanji ke IV Tingkat Kota Pangkalpinang

BE, PANGKALPINANG – Pj. Walikota Pangkalpinang secara resmi membuka kegiatan Musabaqoh Tilawatil Barzanji (MTB) ke IV tingkat kota Pangkalpinang 1446 Hijriyah/2024 Masehi yang bertempat di masjid Al Hidayah Kelurahan Gabek satu Kecamatan pangkalbalam, Jumat(20/09/2024).

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pemukulan gendang rebana secara bersama sama oleh Pj. Walikota Pangkalpinang bersama Camat gabek Suandi, S.IP, Kakanwil kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili H. Iwan Setiawan, S.IP, M.PH.Plh. Kemenag kota Pangkalpinang H. Firmantasi S.Ag. MH dan Ketua DKM Masjid Al- Hidayah Gabek satu H. Abu Mansyur Asnawi.

Pj. Walikota mengapresiasi inisiasi kegiatan Musabaqoh Tilawatil Barzanji agar di tahun tahun mendatang kegiatan ini dilaksanakan lagi dengan memperebutkan Piala Walikota sebagai bentuk Pelestarian budaya Islam terutama bagi para generasi muda.

Sementara itu, Moch. Guntur selaku humas pengurus Masjid Al-Hidayah Gabek satu, mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan dan melestarikan budaya Islam dalam mencintai Nabi Muhammad SAW.

“Kegiatan rutin Musabaqoh Tilawatil Barzanji dari Masjid Al-Hidayah Gabek satu, adalah salahsatu bukti kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW dan semoga generasi muda dapat melanjutkan atau melestarikan budaya ini” ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai Tanggal 20–23 September 2024 dengan mengangkat Tema “KITA LESTARIKAN BUDAYA ISLAM UNTUK GENERASI MUDA” dan diikuti oleh Perwakilan dari Masjid-madjid yang ada di Kota Pangkalpinang, Kategori Pria sebanyak 33 Orang dan Wanita 18 Orang dengan batasan Usia 25 sampai 60 Tahun.

Tilawatil Barzanji diartikan sebagai kegiatan yang berkaitan dengan Barzanji, Yaitu Pembacaan Do’a, pujian dan Riwayat Nabi Muhammad SAW dengan Berirama atau nada tertentu.

Barzanji biasanya dilantunkan dalam acara- acara seperti Maulid Nabi, Aqikah, Khitanan dan pemberian nama Bayi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *