banner 728x250

Polres Basel Laksanakan Penyembelihan Hewan Qurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 H

BE, TOBOALI- Polres Bangka Selatan merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H dengan melaksanakan penyembelihan hewan kurban, di halaman Masjid Raudhatul Jannah Mapolres, Senin (17/06/2024).

Hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari Kapolres Bangka Selatan, AKBP Trihanto Nugroho, personil Polres Basel, dan pihak lainnya.

Kapolres Basel, AKBP Trihanto Nugroho, menjelaskan bahwa proses penyembelihan juga dilaksanakan oleh Polsek jajaran. Sebelum kegiatan penyembelihan dimulai, Kapolres bersama pejabat utama Polres Bangka Selatan, personil, dan masyarakat sekitar melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Raudhatul Jannah.

Secara simbolis, Kapolres Bangka Selatan menyerahkan hewan kurban kepada panitia kurban. Seusai disembelih, daging kurban kemudian dibungkus dan dibagikan kepada fakir miskin, yatim piatu, kaum duafa, personil Polres Basel, PHL, serta warga yang berdomisili di sekitar Polres Bangka Selatan.

“Sebanyak 13 ekor hewan kurban yang terdiri dari 9 sapi dan 4 kambing disembelih pada acara yang berlangsung di halaman Masjid Raudhatul Jannah, Mapolres Bangka Selatan,” ujar AKBP, Trihanto Nugroho.

Kapolres AKBP Trihanto Nugroho mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan berkurban yang dapat dilaksanakan oleh keluarga besar Polres Bangka Selatan. Menurutnya, berkurban merupakan wujud ketaqwaan dan amal ibadah bagi para personil yang beragama Islam, sekaligus membantu sebagian masyarakat Kabupaten Bangka Selatan dalam merayakan Idul Adha.

“Berkurban adalah kewajiban bagi umat Muslim yang mampu. Tujuan berkurban juga untuk membuang sifat negatif yang ada pada diri manusia dan menimbulkan rasa empati kepada masyarakat. Dengan berkurban, kita akan meningkatkan tali persaudaraan dengan sesama serta bentuk kepedulian dan perhatian, utamanya bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu,” ucap AKBP, Trihanto Nugroho.

Kapolres juga berpesan kepada seluruh panitia kurban agar memastikan daging yang disembelih benar-benar sampai kepada tangan yang berhak, seperti kaum duafa, fakir miskin, dan anak yatim piatu.

“Semoga kegiatan ini mendapat ridho dari Allah SWT dan mendapat barokah,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *